NILAI HIDUP DALAM KRISTUS

, , No Comments
KATA 'nilai' dapat diartikan sebagai harga yang berkenaan dengan kualitas: isi, kadar atau mutu. Nilai hidup dalam Kristus berarti kualitas hidup di dalam Yesus Kristus terutama setelah menerima anugerah keselamatan. Kita bernilai disebabkan oleh karya Kristus. Kita dapat bernilai karena pengorbanan Kristus bagi kita. Nilai hidup kita di hadapan Kristus sangat berharga. Karena itulah, Alkitab menyebutkan bahwa kita berharga dan mulia di mata-Nya - Yesaya 43:4.


Berdasarkan firman Allah di dalam Efesus 1:3-14 memaparkan banyak hal tentang nilai hidup yang merupakan kekayaan orang yang percaya kepada-Nya. Apa saja nilai hidup kita tersebut?

1. Telah memilih kita sebelum dunia dijadikan - Efesus 1:4
Pemilihan (predestinasi) Allah atas kita merupakan hak istimewa. Sebagai hak istimewa, kita dipilih sebelum dunia dijadikan. Artinya, sebelum dunia ini diciptakan oleh Allah, kita sudah diciptakan dan dibentuk dalam rencana-Nya. Bahkan terjemahan Yunani "pro kataboless kosmou" dapat diterjemahkan dengan kalimat "sebelum membentuk dasar alam semesta, kita telah dipilih". Tentu saja, dipilih dan dijadikan menurut gambar dan rupa Allah dengan tujuan supaya kita: pertama, kudus; kedua, tidak bercacat di hadapan-Nya.
2. Telah menentukan kita dari semula - Efesus 1:5
Penetapan Allah terhadap status kita sebagai anak-anak-Nya adalah ketetapan yang berkekuatan hukum tetap. Hal ini telah dirancang dan ditentukan dari semula dengan tujuan untuk: pertama, memperoleh penebusan/pengampunan dari dosa melalui darah-Nya; kedua, memperoleh hikmat dan pengertian; ketiga, mendapatkan rahasia dan kerelaan kehendak-Nya; keempat, mendapatkan bagian yang dijanjikan menurut keputusan kehendak-Nya bagi kemuliaan-Nya. Semua hal ini merupakan kekayaan yang dikerjakan oleh Kristus bagi orang yang percaya kepada-Nya.

3. Telah memeteraikan hidup kita dengan Roh Kudus - Efesus 1:13
Sebagaimana kesaksian Alkitab, bahwa sebelum Yesus Kristus naik ke surga, Ia berjanji untuk tidak meninggalkan murid-murid-Nya sebagai yatim-piatu. Yesus Kristus menjanjikan kehadiran Roh Kudus. Roh Kuduslah berperan untuk menghibur, untuk menegur dan menginsafkan, serta untuk meneguhkan mereka. Dalam Efesus 1:14 disebutkan bahwa Roh Kudus adalah jaminan bagi kita sampai memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Sumber: khotbah Pdt. Nasokhili Giawa, M.Th.

0 komentar:

Posting Komentar